Ciri-Ciri Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan

By | 4 June 2017

ciri sosiologi sebagi ilmu

Ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan akan dijelaskan menurut ahli ilmu sosiologi yaitu Johnsons. namun sebelumnya akan dijelaska mengenai istilah dari sosiologi. Sosiologi pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli filsafat sekaligus seorang sosiolog kebangsaan Perancis yaitu Auguste Comte, melalui Cours de Philosophie Positive. Menurutnya, sosiolog berasal dari kata latin socius yang mempunyai arti teman atau sesame; sedangkan kata dan logos dari bahasa Yunani yang mempunyai arti cerita. Jadi pada awalnya sosiologi, berarti bercerita tentang temann atau kawan (masyarakat). Sosiologi mempunyai ciri-ciri yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan

Ciri-Ciri Sosiologi sebagai Ilmu

Menurut Johnsons dalam Soekanto (1982: 14-15) mengemukakan bahwa ciri-ciri sosiologi sebagai Ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut:

1.Sosiologi bersifat empiris

yaitu diperoleh berdasarkan dari observasi terhadap fakta-fakta dan akal sehat.

2.Sosiologi bersifat teoritis

yaitu selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari suatu hasil pengamatan.

3.Sosiologi bersifat kumulatif

yaitu disusun berdasarkan atas dasar teori-teori yang telah ada.

4.Sosiologi bersifat nonetis

yaitu pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan mengenai baik atau buruknya, tetapi bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara lebih mendalam.

Baca Juga: Proses Sosialisasi pada Seseorang

Hakikat Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan

  1. Sosiologi merupakan suatu ilmu sosial dan bukan merupakan ilmu pengetahuan alam. Ilmu sosial merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang berbagai macam aspek dari manusia dan masyarakat; sedangkan ilmu alam merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang ciri-ciri fisik dari alam.
  2. Sosiologi bersifat kategoris yaitu mempelajari apa yang terjadi bukan apa yang seharusnya terjadi.
  3. Sosiologi tergolong ke dalam ilmu murni.
  4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak bukan konkret. Maksudnya adalah yang diperhatikannya dalam bentuk dan pola-pola peristiwa dalam lingkungan masyarakat, tetapi bukan wujudnya yang konkret.
  5. Sosiologi bertujuan menghasilkan suatu pengertian dan pola umum manusia dan masyarakat.
  6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum, maksudnya adalah mempelajari gejala umum pada umat manusia.

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan dan hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *