Konsep Pasar Dalam Perekonomian

By | 3 June 2017

konsep pasar

Pengertian pasar adalah salah satu tempat dari berbagai sistem, , prosedur, institusi, hubungan sosial dan infrastruktur di mana usaha untuk menjual suatu barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan yaitu berupa uang. Alat pembayaran yang digunakan untuk menjual barang dan jasa biasanya dalam bentuk uang. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan perekonomian. Dua orang mungkin dapat melakukan suatu perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada suatu persaingan, setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasarpun cukup bervariasi misalnya dalam ukuran, skala geografis, jangkauan, lokasi, jenis, dan berbagai komunitas manusia. Di dalam sebuah pasar juga menyediakan berbagai jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.

Dalam sebuah pasar pasti akan terjadi sebuah transaksi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang disebut dengan transaksi. Pasar terdiri atas semua pembeli dan penjual, baik yang dapat memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan salah satu studi utama ekonomi yang telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar (penawaran dan permintaan). Suatu pasar dapat memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam sebuah masyarakat. Pasar mengizinkan semua jenis item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga suatu barang dan jasa.

Fungsi Pasar dalam Perekonomian

1. Fungsi Pembentukan Harga
Pasar merupakan suatu tempat dalam menentukan suatu harga (nilai) suatu barang karena pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli yang saling tawar menawar sehingga terjadi suatu kesepatakan harga (nilai) barang atau jasa.
2. Fungsi Distribusi
Pasar memudahkan produsen dalam mendistribusikan suatu barang atau jasa kepada konsumen atau pembeli secara langsung.
3. Fungsi Promosi
Pasar merupakan suatu tempat yang paling cocok bagi produsen dalam memperkenalkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa kepada konsumen.

Syarat terjadinya pasar

1. Adanya penjual.
2. Adanya pembeli.
3. Tersedianya barang yang diperjualbelikan.
4. Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Baca Juga: Pengertian Pasar Modal

Peranan Pasar dalam Perekonomian

1. Peran pasar bagi produsen
a. Pasar sebagai tempat untuk memperkenalkan barang (promosi).
b. Pasar sebagai tempat untuk menjual hasil produksi.
c. Pasar sebagai tempat untuk memperoleh bahan produksi / faktor produksi.

2. Peranan pasar untuk konsumen
Pasar dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan olehnya.

3. Peranan pasar untuk sumber daya manusia
Pasar dapat membuka sebuah peluang usaha bagi masyarakat dalam memperoleh pekerjaan dan berwiraswasta.

4. Peranan pasar untuk pembangunan
a. Pasar yang berkembang akan membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat misalnya masyarakat akan semakin sejahtera karena adanya pasar tersebut.
b. Negara akan memperoleh pemasukan dari aktivitas pasar melalui pajak dan retribusi. Penerimaan tersebut dapat digunakan sebagai salah satu sumber pendapatan untuk pembangunan daerah maupun pembangunan nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *