Norma Kesopanan Beserta Ciri dan Contohnya

By | 3 February 2017

     Pengertian norma kesopanan adalah salah satu norma yang ada dalam sebuah masyarakat. Norma kesopanan merupakan suatu peraturan dalam hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok yang ada dalam masyarakat. Norma kesopanan ini mempunyai sifat yang relatif, artinya apa yang dianggap atau dianut dalam suatu masyarakat akan berbeda-beda antara masyarakat satu dengan yang lainnya. Sumber norma kesopanan adalah keyakinan masyarakat yang bersangkutan. Norma kesopanan sangatlah penting untuk diterapkan dalam sebuah masyarakat, misalnya norma kesopanan di lingkungan sekolah, di lingkungan keluarga, maupun di lingkungan masyarakat itu sendiri karena dalam kehidupan mempunyai batasan-batasan yang harus ditaati sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Norma ini sangat erat kaitannya dalam mengatur tingkah laku seseorang dalam kehidupan bersosial.

norma kesopanan      Secara Umum, yang dimaksud dengan norma adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur tingkah laku atau perilaku manusia di dalam masyarakat. Ketentuan-ketentuan tersebut bersifat mengikat bagi setiap manusia yang hidup dalam lingkungan berlakunya norma tersebut. Dengan adanya ketentuan ini akan dapat membatasi tingkah laku seseorang dalam melakukan suatu tindakan, apakah tindakan tersebut melanggar norma kesopanan atau tidak melanggar norma kesopanan yang telah ada di dalam masyarakat tersebut. Setiap orang yang hidup dalam lingkungan berlakunya norma tersebut harus menaatinya agar kehidupan di lingkungan tersebut dapat berjalan dengan nyaman dan aman. Di balik ketentuan tersebut ada suatu nilai yang menjadi landasan bertingkah laku bagi manusia dalam bermasyarakat. Norma sebagai unsur luar dari suatu ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat. Ada norma yang mempunyai sifat universal, artinya berlaku di semua wilayah dan semua umat manusia, seperti misalnya larangan untuk mencuri, membunuh, menganiaya, memperkosa, dan lain-lain.

      Pengertian kesopanan merupakan sebuah peraturan sosial yang mengarah ke dalam hal-hal berkenaan dengan cara seseorang dalam bertingkah laku secara wajar atau sesuai dengan keadaan dan kondisi dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun norma kesopanan ini timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri dalam mengatur pergaulan sehingga setiap anggota masyarakat saling menghormati. Hakikat dari norma kesopanan adalah sebuah kepantasan, kepatutan, atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat tersebut. Norma kesopanan disebut dengan sopan santun, tata krama atau adat istiadat yang berlaku di lingkungan masyarakat. Norma kesopanan hanya berlaku khusus dan ditempat tertentu yang berlaku bagi golongan masyarakat tertentu. Jika seseorang melanggar norma kesopanan, orang tersebut akan mendapatkan beberapa perlakuan dari anggota masyarakat lainnya seperti mendapatkan cemoohan atau dikucilkan di dalam masyarakat tersebut. Adanya celaan, kritikan dan pengucilan tersebut merupakan salah satu hal yang wajar karena dengan adanya hal tersebut diharapkan orang yang melakukan pelanggaran norma kesopanan mendapatkan efek jera dari perbuatan yang telah dilakukan. Jika dibandingkan dengan norma hukum, sanksi bagi pelanggar norma kesopanan memang bersifat tidak tegas. Adanya norma kesopanan ini sebagai salah satu bentuk peraturan yang bersifat preventif agar anggota masyarakat tidak melakukan hal-hal yang tidak dianggap wajar di lingkungannya. Hal tersebut merupakan tuntutan dalam kehidupan bersama untuk menciptakan suasana yang nyaman. Adanya norma kesopanan ini harus dipenuhi supaya diterima secara sosial.

     Dapat disimpulkan bahwa norma kesopanan merupakan pedoman untuk mengatur tingkah laku manusia terhadap manusia yang ada di sekitarnya atau di lingkungan masyarakat. Dalam masyarakat tertentu, kesopanan ditetapkan sebagai peraturan yang mengatur apa yang tidak boleh dilakukan dan apa yang boleh dilakukan oleh seseorang anggota masyarakat. Jadi anggota masyarakat tidak melakukan tindakan atau perbuatan seenaknya sendiri sehingga akan mengganggu anggota masyarakat lainnya.

Ciri-Ciri Norma Kesopanan

1. Bersumber dari pergaulan.

Manusia merupakan mahkluk sosial sehingga membutuhkan manusia lain. Adanya saling membutuhkannya sehingga muncullah suatu komunikasi antar manusia di dalam lingkungan masyarakat melalui pergaulan. Dari bergaulan tersebut maka muncullah norma-norma yang harus disepakati secara bersama.

2. Bersifat lokal atau kedaerahan.

Norma kesopanan antara daerah satu dengan daerah lain pasti akan berbeda. Hal ini dikarenakan sifat dan karakter masyarakat yang berbeda pula sehingga memunculkan norma yang berbeda pula.

3. Sanksi berupa cemoohan, kritikan atau pun hinaan dari anggota masyarakat

Karena norma kesopanan ini bersifat kurang tegas, maka sanksi yang diberikan kepada anggota masyarakat yang melanggar norma kesopanan biasanya berupa hinaan, cemoohan dan lainnya. Jadi berbeda dengan norma hokum yang bersifat tegas. Apabila ada orang yang melanggar norma hokum maka sanksinya ada sesuai dengan tingkat pelanggaran yang telah dilakukan.

Contoh-Contoh Norma Kesopanan

Norma kesopanan terdiri dari beberapa contoh perbuatan atau tingkah laku yang ada dalam kehidupan masyarakat antara lain sebagai berikut:

1.Tidak meludah di sembarang tempat
2.Memberi dan menerima barang dari orang lain menggunakan tangan kanan
3.Tidak berbicara pada saat makan
4.Menghormati orang yang lebih tua
5.Menggunakan kata-kata yang sopan dalam berbicara dengan orang lain
6.Memakai pakaian yang sopan dan menutup aurat dan sesuai dengan lingkungan tempat tinggalnya
7.Membuang sampah pada tempat sampah
8.Siswa meminta izin kepada guru pada saat ingin pergi ke belakang
9.Mendahulukan orang tua mengambil makanan terlebih dahulu
10.Memberikan kursi di bus kepada orang tua atau ibu hamil
11.Tidak menyela pembicaraan
12.Siswa tidak tidur pada saat pembelajaran di kelas
13.Selalu memberikan salam jika berpapasan dengan orang yang dikenal.

     Jadi norma kesopanan sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat karena norma ini sangat erat kaitannya terhadap aturan dalam bertingkah laku seseorang. Sekali saja ada pelanggaran terhadap norma kesopanan, pelanggar akan mendapat sanksi dari masyarakat. Kesopanan merupakan tuntutan bagi setiap orang yang wajib dilaksanakan dalam bermasyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *