Pengertian Kelangkaan dalam Bidang Ekonomi

By | 21 July 2017

            Kelangkaan adalah suatu kondisi di mana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita. Secara umum, dalam pengertian kelangkaan menurut definisi para ahli atau pakar ekonomi mengemukakan bahwa kelangkaan adalah suatu keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan yang dihadapkan dengan kebutuhan yang tidak terbatas.  Dapat dijabarkan bahwa memang kebutuhan manusia cukup banyak dan tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia cukup terbatas. Kelangkaan bukanlah segalanya cukup sulit untuk diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga dapat diartikan sebagai alat yang dapat digunakan untuk memuaskan kebutuhan manusia yang jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk melangsungkan kehidupan.

kelangkaan

Faktor Penyebab Kelangkaan Ekonomi:

Beberapa faktor yang menyebabkan adanya kelangkaan adalah sebagai berikut:

1.Keterbatasan jumlah alat pemuas kebutuhan yang ada di alam

Di alam telah banyak tersedia banyak benda yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun karena tidak semua benda tersebut dapat segera diperbaharui , maka jumlahnya pun terbatas. Misalnya minyak bumi dan barang-barang tambang lainnya yang memerlukan waktu beribu-ribu tahun untuk memperbaharuinya

2.Kerusakan Sumber Daya Alam (SDA) akibat ulah dari manusia

Manusia harus berhati-hati menggunakan SDA yang tersedia. Jangan karena kesalahan manusia, sumber daya yang tersedia menjadi rusak. Misalnya penebangan hutan yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan hutan menjadi gundul dan mengakibatkan banjir.

3.Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah Sumber Daya Alam yang ada

Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah Sumber Daya terjadi karena kekurangan ilmu pengetahuan dan teknologi, modal dan faktor-faktor yang lain

4.Peningkatan Kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan penyediaan sarana kebutuhan

Inti masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan alat atau benda yang jumlahnya terbatas.

Baca Juga: Masalah Pokok Ekonomi

Contoh Kasus Kelangkaan

Tanah sebagai salah satu sumber kekayaan alam (sumber daya alam) jumlahnya cukup terbatas. Manusia tidak mungkin menambah luas tanah. Lagi pula apabila tanah itu ditanamai dengan pohon secara terus-menerus akan berkurang tingkat kesuburannya.

Laut sebagai salah satu sumber kekayaan alam (sumber daya alam) jumlahnya cukup terbatas pula. Tidak mungkin luas laut akan bertambah. Kekayaan yang terkandung di dalamnyapun akhirnya dapat habis pula.

Bahan galian atau tambang juga merupakan sumber kekayaan alam (sumber daya alam) yang cukup terbatas. Jika manusia terus-menerus mengeksploitas tanpa pemeliharaan, bahan galian atau tambang tersebut akan berkurang atau bahkan akan habis.

Hutan sebagai salah satu paru-paru dunia. Hutan sebagai penghasil kayu dan hasil hutan lainnya sangat dibutuhkan oleh manusia. Hasil dari hutan tersebut cukup terbatas. Penebangan hutan tanpa adanya  perhitungan akan berakibat rusaknya hutan itu sendiri atau bahkan dapat menimbulkan bencana alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *